Dilema Ibu Bekerja

Kegalauan ibu bekerja seperti saya saat ini adalah perasaan bersalah meninggalkan anak-anak di rumah bersama orang lain yang kita percaya untuk menemani hari-hari mereka selama kita jauh dari rumah untuk bekerja. Tapi di sisi lain ada perasaan sayang meninggalkan pekerjaan kantor karena bisa membantu perekonomian keluarga dan bisa punya uang sendiri tanpa meminta uang suami.

Hidup jaman sekarang dengan aneka kebutuhan memang kadang butuh penghasilan lebih dari satu biar tetep bisa hidup lebih layak. Toh kita kerja juga untuk anak-anak dan keluarga. Tapi apa iyaa dengan meninggalkan mereka untuk membantu mencukupi kebutuhan mereka itu adalah hal yang tepat. Jangan-jangan yang anak-anak butuhkan sebenernya adalah kehadiran kita di sekitar mereka.
Bisa jadi saat bangun tidur, makan, mandi, maen, pulang sekolah pengennya yang dilihat mama bukan yang lain.
Lah tapi gimana yaaa ? kalo mama gak bekerja nanti bisa kehilangan pemasukan kan yaa …

Tapi ya, sebenernya hal-hal kayak gini itu YAKIN banget semua ibu bekerja sudah tahu dan sadar banget kok. Bahwa sudah selayaknya sang ibu di rumah menemani anak-anak, biar sang ayah yang ada di luar rumah mencari nafkah.
Tapi terkadang ada kondisi yang membuat sang ibu juga harus bekerja keluar rumah. Gak semua kondisi keluarga di dunia ini sama. Ada hal-hal yang membuat “itu” harus dilakukan. Gak melulu karena materi, bisa juga karena aktualisasi diri dan alasan lainnya. Saya pun demikian.

Berhenti bekerja dan diam di rumah saja mengurus urusan domestik saja bukan keinginan saya, pengennya siih tetap ada kegiatan di rumah biar gak bosen. Apalagi kalo kegiatannya positif dan produktif, ya kaan.. Jadi istri senang, anak-anak senang, suami pun senang.

Makanya seneng banget, ada pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah atau di tempat lain sesuai keinginan kita, yang waktunya bisa di sesuaikan dengan kegiatan kita, yang kesibukannya pun bisa ditentukan sendiri sama kita. Mau hari ini slow aja kerjaannya karena anak kurang enak badan misalnya, besok aja deh ngebutnya.. itupun BISA. Mau kerja di rumah aja deh pagi ini karena hujan deres banget, besok aja deh pergi keluar rumahnya kalo gak hujan.. itupun BISA. Atau buat yang masih ngantor kayak saya. Mau ngerjain ntar malem aja deh karena paginya masih ngantor.. itupun BISA dan ini yang sudah saya lakukan 1,5 tahun terakhir. dan Alhamdulillaah pekerjaan yang dilakukan sambil ngantor ini sudah menghasilkan 4 juta per bulan dan InsyaAllah akan nambah terus mengejar gaji kantoran saya sehingga bisa menggantikan gaji kantor saya sekarang. Kalo udah terganti nanti penghasilannya, kan jadi gak perlu dilema lagii kayak judul di atas 🙂

Oh ya yang pengen tahu pekerjaan sambilan saya ini, silakan loooo … Hubungi saya di WA/SMS 081514336776

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s